Wadah berbagi informasi dan eksplorasi pengetahuan para pelajar Nusa Tenggara dan Bali di Mesir

Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni KM-NTB Meriahkan Acara One Night With Indonesia

 Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni KM-NTB Meriahkan Acara One Night With Indonesia




KM-NTB Mesir, Kairo—Senin, 10 April 2023, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan Mesir dan Cairo Opera House mengadakan acara Saharat Ramadhaniya dengan tajuknya One Night With Indonesia. Acara yang dilaksanakan di Cairo Opera House menampilkan berbagai pertunjukan budaya-budaya Indonesia. Diantaranya Tari Batin Kemuning Riau, Tari Zapin, Funky Papua, dan yang tak kalah menarik dan membanggakan adalah persembahan tari Tari Kecak Bali oleh Sanggar Seni KM-NTB Mesir yang diketuai oleh Miswari Ziaul Fahmi.

Sanggar Seni KM-NTB Mesir sendiri merupakan Badan Otonom yang baru saja dibentuk dua bulan lalu. Tepatnya, 25 Februari 2023 melalui Surat Keputusan nomor 41/A-e/DP-KMNTB/II/2023

Salah satu anggota Tari Kecak Sanggar Seni KM-NTB, Dhea’ El-Haq, me onngatakan bahwasanya mereka mempersiapkan penampilan untuk acara ini hampir sebulan penuh. “Untuk penampilan kali ini, kami mengambil konsep kolaborasi. Kami menggabungkan beberapa tarian khas dari NTB, NTT dan juga Bali”, tambahnya. Konsep ini sejalan dengan visi KM-NTB Mesir yang merupakan kekeluargaan yang mewadahi Mahasiswa Indonesia di Mesir asal NTB, NTT dan Bali yang kaya akan budaya.

Duta Besar RI untuk Mesir, Dr. (H.C.) Lutfi Rauf, M.A sangat mengapresiasi penampilan-penampilan yang didemonstrasikan. Beliau menilai penampilan dari teman-teman mahasiswa yang mewakili kekeluargaannya sangat terlihat layaknya profesional.

Malam Saharat Ramadhaniya; One Night With Indonesia dihadiri oleh berbagai Duta Besar Negara-Negara sahabat, Kementerian Kebudayaan Mesir, Presiden PPMI Mesir. Tak ketinggalan pula warga-warga pribumi yang terlihat sangat antusias menyaksikan berbagai macam budaya Indonesia yang ditampilkan. Bahkan, mereka menyempatkan diri untuk menyampaikan pujian-pujian secara langsung kepada para talent yang telah memukau mereka selama satu jam lebih.

Dalam kesempatan lain, Gubernur KM-NTB Mesir, Wahyudi Maulana Hilmy, berkomitmen untuk melengkapi fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kreativitas dan kemampuan anggota KM-NTB dalam bidang kesenian. Sehingga, kedepannya diharapkan mampu untuk selalu memberikan oenampilan-penampilan terbaik serta mampu menjadi wasilah untuk menggali dan mengasah potensi-potensi anggota KM-NTB Mesir, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Sementara itu, Ketua Sanggar Seni KM-NTB Mesir berharap, melalui penampilan-penampilan dan acara seperti ini akan menjadi syiar budaya untuk mengenalkan kemajemukan budaya serta keindahan tari yang dimiliki oleh Indonesia secara umum, serta Nusa Tenggara dan Bali secara khusus.

 

Posting Komentar

0 Komentar